Delni Fitra

Pangilan Ku Pipit, anak ke 2 dari 4 bersaudara. Pernah mengejam Pendidikan di IKIP Padang, dan sekarang terdaftar sebagai ASN kementerian Agama yang tempat meng...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hujan dan Maknanya

Hujan dan Maknanya

# Tantangan hari ke 83 #

# Hujan dan Maknanya #

Pagi ini suasana kotaku mendung dan hujan intensitas sedang. Sudah beberapa hari udara sangat panas, membuat beberapa makluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan menjadi kering korantang. Dengan datangnya hujan dipagi ini membuat para tanaman segar dan tersenyum gembira merasakannya. Tidak hanya tanaman yang bergembira dengan datang hujan, namun aku dan suami juga menjadi senang.

Memiliki kegiatan baru setelah purna bakti yaitu bercocok tanam dilahan samping rumah, yang beberapa hari yang lalu sudah siap untuk ditanami, namun karena cuaca panas lahan ini belum sempat ditanami, karena apa yang ditanam takut akan mati, maka ditunggu cuaca sejuk atau berawan supaya tanaman bisa berkembang dan hidup baik.

Pada sore kemaren cuaca berawan namun tidak hujan, karena bibit cabe sudah mulai tinggi dan besar kami putuskanlah untuk menanam bibit cabe tersbut. Dan Alhamdulillah pada pagi ini hujan turun, tentu dengan sendirinya sangat bermamfaat bagi cabe yang baru kami tanam, yang rencananya kalau tidak ada hujan hari ini kami sudah bersiap untuk menyiram cabe yang baru ditanam, namun Allah maha penyayang dan pengasih, dia beri nikmat hujan untuk kami dan makluk hidup pagi ini, sungguh luar biasa.

Hujan yang datang di tanah kering tentu membawa berkah bagi tanah, tumbuh-tumbuhan akan menjadi subur, beberapa makna hujan bagi kita semua diantaranya :

1. Hujan sebagai berkah, hujan adalah Rahmat dari Allah SWT, (QS, Qaaf :9), artinya: Dan kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.

2. Hujan sebagai pemenuh kebutuhan makhluk hidup ciptaan Allah, karena dengan hujan tumbuhan menjadi subur, hewan dan manusia dapat menjalankan kehidupan dengan baik.

3. Hujan menunjukkan kebesaran Allah, proses terjadinya hujan adalah tanda kebesaran Allah.

4. Hujan sebagai pemberi kabar gembira, dengan adanya hujan membuat para petani bergembira, kalau tidak ada hujan tanaman akan menjadi kering.

5. Hujan sebagai pengingat manusia, dengan ada hujan manusia harus takut dan mohon perlindungan Allah akan murkaNya.

6. Hujan memunculkan rasa syukur, dengan ada hujan senantiasa kita akan selalu bersyukur.

7. Hujan menjadikan manusia tidak boleh sombong, karena adanya air hujan akan mengajak kita untuk berfikir dari mana datangnya ciptaan Allah ini.

8. Hujan sebagai pencuci dalam thaharah, air hujan merupakan air suci, maka air hujan bisa menjadi penyuci dari kotoran dan najis.

9. Hujan membuat kita untuk selalu berdoa, sabda Nabi Muhammad SAW, “carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: a. bertemu dua pasukan, b. menjelang sholat dilaksanakan, c. saat hujan turun.

10. Hujan menjadi perumpamaan umat Rasulullah, Nabi Muhammad SAw bersabda, “Perumpamaan umatku adalah seperti hujan, tidak diketahui apakah yang pertama yang lebih baik ataukah yang akhirnya”, (sumber : https://umroh.com/blog/makna-hujan-dalam-al-quran) .

Hujan telah membuat cabe yang baru ditanam menjadi segar, dan mudah-mudahan bisa hidup denga baik, hujan pagi ini telah menjadikan kabar gembira bagi suamiku, karena cabe yang baru ditanam tidak jadi kering, Alhamdulillah Ya Allah, atas semua Rahmat dipagi yang sejuk dan cerah ini.

Terima Kasih, dan Salam Literasi.

# Padang, 06 April 2020 #

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih sudah berbagi lewat tulisan ibu ini. Barokallah bu. Semoga sukses, sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta.

06 Apr
Balas

Aamiin, trims bu Erwin sudah mampir.

07 Apr

Alhamdulillah kota kita menjadi sejuk ya Buk.

06 Apr
Balas

Iya Lia...Aamiin.

07 Apr

Mantap

06 Apr
Balas

Trims bu Zainar, sudah mampir.

07 Apr



search

New Post